powered by
TickBar

Tips, Kiat, dan Mengobati Sariawan

Sariawan memang bukan penyakit mematikan, Namun, jika penyakit ini hinggap di mulut, kita jadi sengsara. Mulut terasa nyeri, tak nyaman dan di dalamnya muncul luka-luka menganga. Kalau kondisinya sudah begini, makan jadi tak enak, bicara pun jadi setengan pelo. Itulah akibat ulah sariawan. Lebih celaka lagi, bila penyakit di rongga mulut ini menimbulkan komplikasi berupa selulitis ( radang sel) mulut akibat infeksi bakteri sekunder sariawan, infeksi dental (abses gigi) dan kanker mulut.

Sariawan merupakan suatu penyakit yang sering dijumpai dalam kehidupan sehari-hari. Dalam istilah kedokteran, sariawan dikenal dengan nama stomatitis. Stomatitis ini merupakan proses peradangan pada rongga mulut. Sariawan disebabkan beberapa hal diantaranya adalah Afte Rekuren, Kandidiasis oral/ moniliasis, Stomatitis bakteri/ Virus, dan sariawan Stomatitis Nicotina.

Tips meredakan rasa nyeri pada sariawan
1. Hindari makanan yang memiliki tepi tajam, misalnya keripik;
2. Hindari minuman yang mengandung karbonat atau bercita rasa asam, misalnya jus jeruk;
3. Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut; [
4. Gosoklah gigi secara hati-hati agar tidak melukai gusi;
5. Oleskan obat yang tidak menimbulkan rasa perih/sakit dalam bentuk salep atau gel tepat pada daerah sariawan;
6. Kerena sariawan dapat disebabkan oleh daya tahan tubuh yang menurun dan kekuarangan vitamin serta mineral, bila perlu Anda sebaiknya juga mengkonsumsi suplemen multivitamin dan mineral.


Kiat Cegah Sariawan
1. Menjaga kebersihan dan kesehatan mulut. Misalnya dengan sikat gigi minimal dua kali sehari. Pagi setelah makan dan menjelang tidur malam. Kalau gusi kita termasuk yang sensitif sebaiknya memilih sikat gigi dengan bulu yang lebih lembut.
2. Memperbanyak makanan yang mengandung serat seperti sayuran dan buah.
3. Hindari makanan yang terlalu panas, terlalu dingin, terlalu pedas
Makanan yang terlalu panas, terlalu dingin dan terlalu pedas, dapat menyebabkan gusi atau bibir kita luka dan menyebabkan panas dalam.
4. Hindari stres.
Stres adalah salah satu pemicu terbesar datangnya berbagai penyakit. Tak hanya penyakit sariawan saja. Jadi, sebisa mungkin stres dihindari.
5. Kenali penyebab.
Kalau kita termasuk orang yang sering menderita sariawan, cobalah mengenali kira-kira apa penyebabnya. Nah, dari situ baru kita bisa melakukan pencegahan dengan efektif.
6. Jangan anggap sepele.
Ada kemungkinan kanker pada rongga mulut yang gejalanya mirip dengan sariawan yaitu bercak berwarna merah atau putih yang berlangsung kronis atau lama dan biasanya disertai pembengkakan atau benjolan di leher. Jadi kalau kita sakit sariawan yang tidak kunjung sembuh, jangan ragu-ragu dan tunda waktu lagi untuk segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut.

Cara Mengobati Sariawan
beberapa obat tradisional untuk menyembuhkan sariawan yang ramah lingkungan dan bersahabat :
1. Jambu Air
Kulit batang jambu air kira2 10 gr (yg masih muda), dicuci & ditumbuk halus ditambah setengah gelas air matang dan disaring. hasil saringan digunakan berkumur.

2. Air Kelapa
Air Kelapa, lebih baik lagi Air Kelapa Hijau. Air kelapa mengandung berbagai vitamin, dan mineral yang sangat dibutuhkan oleh tubuh kita.

3. Kopi Bubuk
Kopi bubuk, tentu anda sudah tau kopi bubuk(kopi yang sudah di haluskan)yang biasanya kita gunakan untuk minuman. Ternyata dapat digunakan sebagai obat sariawan.Caranya ambil sedit bubuk kopi kemudian taburkan atau oleskan ke bagian yang sariawan. Memang rasanya agak perih namun cuma sebentar,biarkan beberapa menit kemudian kumurlah dengan air bersih. Lakukan berkali-kali hingga sembuh. Anda akan sembuh kira-kira 2-3 hari.

Sariawan dapat di cegah apabila kita makan makanan yang dibutuhkan tubuh terutama buah-buahan terutama buah yang mengandung vitamin C, sayur-sayuran, serat serta susu.

Nah Sekarang tinggal pilih mau yang tradisional atau yang modern, terserah anda. Selamat Mencoba

1 komentar:

Anonim mengatakan...

kandungan bahan apa yg ada d kopi yg bisa menyembuhkan sariawa?

:a: :b: :c: :d: :e: :f: :g:
:h: :i: :j: :k: :l:

Poskan Komentar