Untuk menggambar segiempat, anda dapat menggunakan metode drawRect. Sintaks dari metode ini adalah sebagai berikut :
drawRect(x, y, lebar, tinggi)
dimana , x dan y adalah koordinat sudut kiri dari segiempat yang akan digambar. Lebar adalah lebar segiempat yang akan digambar, sedangkan tinggi adalah ukuran vertikal / tinggi segiempat yang akan digambar. Misal, anda menggunakan perintah drawRect(10, 10, 250, 300) maka anda akan menggambar segiempat dengan koordinat kiri atas pada titik (10, 10) dan koordinat kanan bawah pada titik (250, 300)
Contoh penggunaannya adalah seperti pada kode program berikut ini :
//menggambar persegiempat
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
class Kanvas extends Canvas
{
public void paint (Graphics sg)
{
sg.drawRect(12, 12, 200, 100);
}
}
class FrameUtama extends JFrame
{
private Kanvas kanvas = new Kanvas ();
FrameUtama()
{
super ("Contoh menggambar PersegiEmpat");
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocation(120, 285);
getContentPane().setLayout(new BorderLayout());
getContentPane().add (kanvas, BorderLayout.CENTER);
show();
}
}
public class segiempat
{
public static void main (String[] args)
{
new FrameUtama();
}
}
Simpan dengan nama segiempat.java
Kompilasi dan eksekusi kode program diatas, sehingga akan muncul tampilan segiempat seperti pada gambar berikut ini
ingin lebih jelas ??? download ajja filenya Di sini
0 komentar:
:h: :i: :j: :k: :l:
Posting Komentar