Untuk menggambar lingkaran, anda dapat menggunakan metode drawOval(x, y, diameter1, diameter2). Ketika anda menuliskan drawOval(10, 10, 150, 130) maka anda akan menggambar lingkaran dari titik sudut kiri atas(10, 10) dan diameter horizontal adalah 150 dan diameter vertikal adalah 130.
Jika nilai diameter horizontal dan vertikal sama maka akan tergambar bentuk lingkaran, namun jika berbeda maka bentuk ellips yang akan terbentuk. Contoh penggunaannya seperti pada kode program berikut ini :
//menggambar lingkaran
import javax.swing.*;
import java.awt.*;
class Kanvas extends Canvas
{
public void paint (Graphics ling)
{
ling.drawOval(12, 12, 100, 100);
}
}
class FrameUtama extends JFrame
{
private Kanvas kanvas = new Kanvas();
FrameUtama()
{
super("Contoh Menggambar Lingkaran");
setDefaultCloseOperation(JFrame.EXIT_ON_CLOSE);
setLocation(120, 125);
setSize(275, 285);
getContentPane().setLayout(new BorderLayout());
getContentPane().add(kanvas,BorderLayout.CENTER);
show();
}
}
public class lingkaran
{
public static void main (String[]args)
{
new FrameUtama();
}
}
OutPut :
mau lebih jelas lagi ??? download DISINI
Menggambar Lingkaran pada Java
Label:
Pemrograman JAVA
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
1 komentar:
salam kenal... happy blogging...
:h: :i: :j: :k: :l:
Posting Komentar